Siswa MAN 1 Mojokerto Ikuti Pendidikan Politik | MAN 1 MOJOKERTO

Siswa MAN 1 Mojokerto Ikuti Pendidikan Politik


Bekali Diri Sebagai Pemilih Pemula Siswa MAN 1 Mojokerto Ikuti Pendidikan Politik

Kab Mojoketo (MAN 1) – Dengan didampingi guru pembina, Perwakilan OSIS dan MPK MAN 1 Mojokerto mengikui Kegiatan Forum Pendidikan Politik Bagi Pelajar dan Tenaga Pendidik.  Bertempat di Hotel Raden Wijaya Mojokerto,  Selasa (11/12), Forum Pendidikan Politik Bagi Pelajar dan Tenaga Pendidik di Kab. Mojokerto tersebut dilaksanakan bertujuan demi meningkatkan pengetahuan pelajar dan pendidik akan pentingnya pendidikan Politik.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Kabupaten Mojokerto tersebut diikuti oleh perwakilan pelajar dari SMA/SMK/MA se Kabupaten Mojokerto beserta guru pendampingnya. Hadir dalam acara tersebut bapak pimpinan bakesbangpol Bapak Eddy Taufiq, S. STP beserta jajaranya,  Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Humas Polres Mojokerto, Siswa dan guru pendampingnya.  Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, Sambutan-sambutan, dan doa penutup. Selanjutnya acara utama disampaikan oleh Humas Polres dan Ketua KPU.
Bapak Eddy Taufiq, S. STP dalam sambutannya menyampaikan agar para pelajar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik secara penuh dari awal hingga akhir. Pelajar yang hadir mewakili sekolahnya merupakan agen of change bagi lingkungannya, dan  diharapkan ke depan perkembangan politik dan pendidikan politik untuk pelajar bisa dilaksanakan secara baik.
tim Cyber Troop’s Polres Mojokerto Humas Polres Mojokerto, menyampaiakan Sosialisasi Berinternet Cerdas kepada siawa  cerdas dalam bermedia sosial. Pelajar harus menjauhi hal-hal yang dilarang dalam bermedia sosial. Mulai dari menulis status dengan ujaran kebencian, penyebaran berita hoaks, isu berbau SARA, penghinaan sampai mengupload foto dan video yang bisa memecah belah keutuhan NKRI.  “Mengupload status dan foto yang melanggar Pancasila dan Undang Undang bisa dijerat dengan Undang Undang IT”, “Oleh karena itu tugas warga negara yang baik harus selalu menjaga ketertiban dan keamanan sekaligus bertujuan untuk menyambut dan menciptakan Pileg dan Pilpres yang damai dan sejuk di tahun politik ini”. Jelasnya.
Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Bapak Hanafi, menjelaskan Pentingnya Pendidikan Politik bagi pemilih pemula. Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi momen penting dalam menentukan masa depan bangsa dalam lima tahun kedepan. Dengan demikian pentingnya memberikan pendidikan politik bagi pemilih pemula dan pemilih pemuda . Beliau  memberikan wawasan tentang pemilu agar pemilih pemula dapat memilih secara cerdas sehingga bisa menghasilkan pemimpin yang cerdas, yang bebas dari korupsi.Materi yang akan disampaikan oleh pembicara dari KPU meliputi definisi demokrasi, keterkaitan demokrasi dan pemilu, peraturan mengenai pilkada, waktu pelaksanaan pilkada, pasangan calon hingga syarat untuk menjadi pemilih.
Dengan diselenggarakannya pendidikan politik bagi pemilih pemula oleh Bakesbangpol dan KPU disambut dengan gembira oleh Kepala MAN 1 Mojokerto H Budi Prayitno, bahkan ada salah satu gurunya mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut mengingat para siswa selama ini hanya mengetahui informasi dari buku pelajaran saja. Apalagi kegiatan ini diikuti oleh pelajar yang akan diberikan materi tentang pentingnya menggunakan hak suaranya pada saat pemilihan nanti.
Guru Pendamping MAN 1 Mojokerto H Amir Makhmud berpendapat bahwa pendidikan politik penting bagi pemilih pemula karena menurutnya pemilih pemula yang tidak berwawasan politik rentan kampanye hitam. “ berbahaya, jangan sampai pemilih pemula terutama anak-anak dijadikan agen politik untuk melakukan kampanye hitam. Anak muda yang akan menjadi penerus bangsa Indonesia ini, wajib untuk berpartisipasi dalam pemilihan pilkada, pileg,  dan pilpres. Dalam memilih ini lakukan dengan cerdas dan berkualitas. Ada 3 cara memilih dengan cerdas,pertama kenali calon, kedua, ketahui visi misi dan programnya, ketiga, pastikan pilihannya dengan memberikan tanda coblos pada satu kolom yang memuat satu pasangan calon.  (bung).

man 1 mojokerto

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 Comments:

Post a Comment